Kamis, Juni 19, 2008

Pentagon Terbakar

Pagi-pagi pukul 05.41 (lagi gk salat nih!) aku dah dibangunkan oleh sepucuk sms, tertanda dari Kang Lutfi. Isinya, Info Penting! Saat ini Gd. Pentagon UPI kebakaran. What? Gedung bobrok itu kebakaran? Siapa pelakunya? Jadi pengen ngucapin terima kasih nih, he…he… Bukannya apa-apa, soalnya tuh gedung emang dah patut buat dirobohin and diganti sama bangunan yang baru. Dah gak layak pake menurut gw (yakin deh, banyak mahasiswa yang bakal ngangguk tanda setuju).


Karena menganut asas praduga tak bersalah (apaan si?), kali aja si akang pagi-pagi mo bikin orang jantungan, gitu. Tapi dia gak pernah bohong deng. Klo gw yg kirim, baru patut di curigai. He…he… Lagian sayup-sayup kedengeran suara nguing! Nguing! Kayak sirine pemadam kebakaran. Lalu ku sms dia. Isinya, “kata siapa”. Trus di bales, “dapet info dari dosen saya”. Ooo… Dan dengan seketika ku kabarkan berita ini ke seantero penghuni kostan dan ke beberapa nama yang ada di phonebook, termasuk Bu Tati dosen gw dan ke anak Isola Pos.


Untuk meyakinkan, ku naik ke lantai atas tempat ngejemur. Tapi dari arah gedung pentagon, kagak keliatan ada asap membumbung tuh, lazim nya klo ada kebakaran. Orang bakar sampah aja suka keliatan ada asap, kok. Is it just a hoax?


Karena masih penasaran, gw berniat nge-cek kebenaran ini berita (ternyata jiwa wartawan gw masih ada, he..he..). Kupinjam lah HP nya Desbar yang berkamera, karena di kostan yang punya kamera digital cuman seorang. Itupun lagi rusak (Kawan-kawan, kok kita miskin amat ya? Wakakakak). Lalu gw bergegas menuju gedung Pentagon (dengan resiko telat ke sekolah) pake angkot biar cepet. Pas nyampe…, lho? Mana kebakarannya? Kok pada adem ayem gini? Wah…wah… gak bener nih. Gw pikir bakal ada mobil kebakaran, mobil polisi, massa yang bergerombol dan kemacetan yang menggila di sekitar ledeng (biar seru gitu, he..he..).


Ya udah, akhirnya gw ke KOPMA dulu aja beli KOMPAS, sambil tanya-tanya sama temen gw sang Tukang Koran. Ternyata di sana ketemu Igo, anak bahasa Arab yang sekampung sama gw. Dan dengan histerisnya (boong deng!) ku tanya si Igo, “GO, PENTAGON KEBAKARAN YAK ? SEBELAH MANE ? KOK GAK KELIATAN ?”. Dan kebakaran ternyata kejadian di bagian belakang. Lalu ku minta si Igo cepet-cepet buat nganter liat lokasi kebakaran. Karena kebetulan gedung Pentagon tuh tempat kuliahnya anak-anak bahasa.



Pintu masuk utama ternyata dah dipasangin garis polisi. Banyak orang yang ngumpul di depan gedung. Tapi gak sebanyak yg gw harapkan (bayangkan). Soalnya tiap hari juga di depan situ sering terlihat banyak mahasiswa yang lagi ngambil MKDN alias Mata Kuliah Dasar Nongkrong (ketawa gak?ketawa gak?). Lalu kita ke sisi kanan gedung. Disana para security lagi sibuk ngotak-ngatik benda kayak palang gitu. Buat apaan ya? Sambil nunggu para security, gw jeprat-jepret aja foto mereka. Niatnya setelah itu mo foto-foto lokasi bagian dalam yang kebakaran. Dan ternyata tuh palang buat ngalangin biar gak ada yang lewat. Ya elah…, bodohnya gw. Tau gitu, dari tadi mendingan langsung permisi masuk aja. Untunglah di sebrang sana ada anak gondrong (taut uh siapa namanya) temennya Igo lsgi foto-foto juga (gw pikir tadi tuh wartawan). Minta tolong deh ke si gondrong buat foto in bagian dalam. Thank’s ya. Gak berapa lama kemudian ketemu sama Rivan, anak Isola Pos

.


Dari obrolan para security, kayaknya tuh kebakaran disebabkan karena arus listrik. Yang kena tuh jurusan bahasa Arab sama Perancis (katanya). Dan beberapa komputer tewas. Untunglah gak ada korban jiwa. Cuman ada 4 orang anak bahasa arab (katanya lagi) yang dibawa ke kantor polisi buat jadi saksi. Berhubung mereka lagi pada nginep di Pentagon. Malang benar nasibmu, nak…


Maaf-maaf nih ya, saat ini gw sedang menganut “Jurnalisme Katanya”. Gak sempet wawancara mendalam sama narasumber. Soalnya dah telat nih ke sekolah! Si wajah Malaikat pasti dah nungguin. Daaaah…!!!

2 komentar:

  1. yulmi wrote "..(ketawa gak?ketawa gak?).." maksa bgt kyknya.

    yo, wiss gw ketawa deh
    wakakakakakakakkaakakaak

    BalasHapus
  2. bukan anak pentagon y ?
    seenak jidatnya aja seneng ...
    bukan masalh gedungnya tapi masalah esensi pentagon dan nilai sejarahnya yang kita sayangkan !!!

    BalasHapus

what's ur comment?