Selasa, Juni 24, 2008

CEROBOH

Ceroboh. For a little more, this word maybe describing about who truly i am (bener gak sih grammar-nya?). Gimana nggak, aku sering banget naro barang sembarangan, lupa nyimpennya dimana atau yang paling parah adalah barang itu ketinggalan. Barang-barang yang sering jadi korban kecerobohanku adalah charger, kunci, kacamata dan ATM Card. Kasian banget kalian..

1.Charger
Penyalur energi yang satu ini sering banget ketinggalan klo aku pulang ke Garut. Klo ketinggalan bisa berakibat fatal. Soalnya HP-ku kan siemens. Di kostan ampir semuanya pake teknologi yang mengerti anda alias Nokia. Biasanya sebelum balik lagi ke Bandung, ibu ku suka nge-cek.

Ibu : “Teh, buku udah?”
Gw : “Udah.”
Ibu : “Baju, kunci?”
Gw : “Udah.”
Ibu : “HP?”
Gw : “Udah.”
Ibu : “Uang buat ongkos udah dipisahin?”
Gw : “Udah.”
Ibu : “Udah pamitan ke Ua sama tetangga?”
Gw : “Udah.”

Semuanya terdengar sempurna. Kitapun berangkat ke terminal (Klo pulang siang2, suka di anter ibu, klo subuh2 suka dianter babeh). Pas di angkot, ibu nanya “Teh, charger udah?”. Dan dengan senyum yang dipaksakan gw bilang “Lupa..”

Langsunglah ibu nelfon ke Ua minta tolong sampein ke babeh biar anterin charger ke terminal. Entah jaringan yang salah atau human error atau apalah, yang dianterin babeh malah kotak HP. Duh… ya sudahlah, di pos-in aja besok bu.

Waktu ngawasin adik-adik tingkat gw di Cianjur yang lagi P2M (Pengabdian Pada Masyarakat) juga kejadiannya gak beda. Pas mau pulang semuanya di cek. Dengan yakin gw mastiin bahwa semuanya udah masuk tas. Gak ada yang ketinggalan. Sempurna. Eh, pas nyampe rumah baru deh uring-uringan. Tuh charger ketinggalan di rumah penduduk. Masih nyangklong di colokan kayaknya. Soalnya pas pagi gw langsung buru-buru cabut HP, mo sarapan di pasar. Nasib.. akhirnya beli lagi deh ke BEC.

2.Kunci
Ni benda satu juga suka bikin rese. Sama juga sering ketinggalan. Tapi track record nya lebih banyak. Ketinggalan di Garut, di warnet, di kursi kostan atau juga masih gantung di pintu (padahal udah uring-uringan nyari-nyari di tas. Bodoh.).

Yang paling mengenaskan adalah waktu bulan-bulan kemaren ketinggalan kunci di Garut. Kayaknya gara2 terlalu buru-buru takut ketinggalan bis (kelamaan di nikahan temen SMU). Yah, seperti biasa semuanya terlihat dan terdengar sempurna. Pas dah nyampe bandung trus naek angkot caheum-ledeng, tiba-tiba ibu nelfon “Teteh, kunci ketinggalan!” Dan bla..bla..bla.. berisi peringatan tentang kecerobohan gw.

Waduh gimana nih? Ibu kost kalo hari gini suka nginep di rumah yang di Antapani. Belon tentu besok pulang. Dan seketika otak gw bekerja dan menghasilkan usah nge-sms temen2 yang kira-kira mo pada balik ke Bandung or ke Jakarta hari ini (agak sadis sih buat yang mo ke Jakarta. Soalnya di suruh transit dulu di Bandung, he..he..). Mo nitip kunci maksudnya.

Nge-sms Iman, dia nya dah nyampe Jakarta. Eldi, udah jalan bus-nya (telat gw). Kang Irfan dah nyampe Jakarta juga. Untunglah dia sempet ngasih solusi lain. SMS Kang Yuyus aja katanya. Ku SMS lah dia. Ternyata dia dah masuk bus, tapi belon jalan. Dan karena ini adalah kesempatan yang tidak boleh di sia-siakan, maka ku mohon-mohon lah biar turun dari bus trus nungguin salah seorang keluarga gw yang mo nitipin kunci. Akhirnya mau juga dia (dengan catatan, sebelumnya dia ngetawain dulu trus ngasih ide gila buat dobrak pintu kamar kost).

Malang tak dapat di tolak, untung tak dapat di tolak juga. Ternyata babeh sama adek lagi gak ada di rumah. Maka terpaksalah ibu yang nganterin tuh kunci ke Kang Yuyus yang udah BT nunggu kayaknya. Thank’s Mom.

Dengan harap-harap cemas kutunggu lah kedatangan Kang Yuyus. Kita janjian di gerbang ITB. Dan satu masalah lagi menghadang. Hari udah malem, masa gw sendirian ke ITB. Harus ada pelindung nih. Diantara 2 orang yang kuhubungi, akhirnya keberuntungan (atw bencana? He..he..) jadi milik si Iza. Dia lah yang akhirnya nganter pake motor. Ternyata ampir setengah jam, Kang Yuyus baru muncul dari kejauhan dengan gaya jalan seperti Shahrukh Khan di film Kuch-Kuch Hota Hai. Keluar dari kegelapan malam. Halah..

Sambil menahan haru (akhirnya nyampe juga nih kunci tersayang), ku bilang “Ma kasih, kang”. Pas nyerahin kunci, si akang bilang “Yulmi..yulmi..”. Dan kata-kata ini menyimpan sejuta makna yang kuterjemahkan kayak gini :
“Yulmi..Yulmi.. Kok ada ya makhluk kayak kamu? Bego banget sih benda sepenting ini ketinggalan! Coba klo gak ada sayah, kamu mau tidur di manah? Ngerepotin aja kamu mah!”

Wakakakakakak!!! Thank’s Mom, Kang Yuyus and Iza. Love u all.

3.Kacamata
Ah, klo benda yang satu ini mah paling sering bikin gw diingetin terus sama temen-temen kostan “Mi, tuh kaca awas ke injek. Jangan di simpen di lante!” atau “Mi, kacamata nya disimpen di bawah tivi aja ya, lante nya mo disapuin.”. atau “Aduh.., ni kacamata siapa sih. Takut ke injek.” Dan bla…bla…bla…

Si kacamata ini juga paling sering bikin gw uring-uringan. Aduh, kacamata gw dimana ya? Tau-tau ternyata ada di kasur, meja belajar, di kamar mandi, di atas lemari atau paling banter dah ada di lante kamar. Aneh, ni kacamata pecinta lante kali ya?

4.ATM Card
Ni benda juga gak kalah ribetnya klo gak ada. Karena suka dijadiin pembatas buku, jadi pas mo ke ATM suka belibet deh nyariin. Dan ternyata dia nyempil di salah satu buku. Kadang juga di qur’an, he..he..

Satu kali pernah ada titipan dari tukang laundry lewat temen kostan. “Mi, tuh ada titipan dari tukang laundry.” Wah, udah GR aja tuh bawaannya. Akang laundry mo ngasih apa ya?. Dan ternyata titipannya adalah ATM ku yang ketinggalan di salah satu rok. Yee.. Anyway, thank’s akang laundry!

Satu waktu ni ATM pernah gak ketemu-ketemu. Udah pasrah aja nih. Lapor ke ibu, trus di ceramahin dikit tentang arti kecerobohan (seperti biasa). Eh, beberapa minggu kemudian pas mo bayar warnet, tanpa sepatah kata pun si aa warnet ngasih kembalian plus sebuah kartu yang ternyata… ATM gue! Thank’s aa warnet!

Dan mungkin udah saatnya gw berpisah sama ni ATM yang bentuknya udah gak menyerupai ATM Card lagi (udah bladus, gitu). Dia ilang. Gak ketemu-temu. Semua sudut kamar dah dijelajah. Warnet juga di cek. Gak ada. Dan akhirnya harus bikin ATM baru. Yang prosesnya bikin gw ngos-ngosan karena dibikin bolak-balik sama si mbak yang ada di Bank. Thank’s ya mbak, udah bikin kalori saya terbakar (alias cape!).

Dan di pojok doa, gw cuman bisa nempel tulisan Ya Allah, jauhkanlah aku dari kecerobohan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

what's ur comment?