Minggu, Juni 29, 2008

Nge-Date Bareng Raihan

Hari Jumat kemaren, sepulang sekolah (masih pagi, karena skul nya gak efektif) aku ngajak Raihan ke Gramed buat refreshing sambil mo ngeliat VCD2 Edukasi. Pas kubilang, “Raihan, bu Yulmi mau ke Gramedia. Mau ikut gak?”. Dengan mata berbinar penuh antusias, dia jawab “Mau”. Lalu ku telefon bunda-nya untuk minta izin. Dan beliau mengiyakan.

Semua hal tampaknya selalu akan berbeda di mata anak-anak. Begitu pula dengan Raihan. Waktu kubilang klo kita ke Gramed nya pake angkot, dia tampak girang. Seolah-olah itu adalah hal yang sangat menyenangkan. Sebagai rakyat jelata pengguna jasa transportasi umum, kupikir gak ada yang istimewa. Namun ternyata, inilah yang akan tampak istimewa di mata Raihan pada Jumat ini.

Untuk menuju angkot, kita harus nyebrang dulu. Dan kubilang sama Raihan klo mo nyebrang harus liat kiri kanan, trus tangannya bikin isyarat stop biar kendaraanya berhenti. Eh, karena ada yang jagain dia mah akhirnya lempeng aja jalan kayak di trotoar, heuheu..

Trus ku kasih tau klo mau ke Gramed kita pake angkot yang ada tulisan Kalapa-Ledeng nya. Hmm..sepertinya dia cukup ngerti. Kitapun naek angkot. Karena masih kosong, jadi nge-tem bentar. Belum terbiasa dengan nge-tem kali ya (biasa naek mobil pribadi), jadinya pas angkot diem trus kadang maju mundur dikit tapi gak berangkat-berangkat, Raihan nyeletuk “Eh, kita mau kemana ini?”. Kubilang kita lagi nunggu penumpang yang lain. Dan tanpa disangka-sangka dia tanya lagi, “penumpang itu apa?”. Trus kujawab, “ya penumpang itu yang naek angkot seperti kita.”

Waktu itu kebetulan Pak supir teriak-teriak, “Kalapa, kalapa, kalapa!!!”. Tiap kali sang supir teriak kayak gitu, Raihan suka ketawa dan senyum sendiri. Trus dia nanya, “manggil siapa sih?”. Dengan spontan aku langsung ketawa. Lalu ku jelasin klo itu artinya Pak supir lagi ngajak orang-orang yang mau pergi ke daerah Kalapa, biar naek angkot ini. Bukannya lagi manggil orang yang namanya Kalapa, hi..hi..

Karena udah mendapatkan perbendaharaan kata yang baru yaitu “penumpang”, maka pas ada 2 orang ibu dan anak yang naek angkot, Raihan langsung aktif menghitung sambil nunjuk jari trus bilang, “wah, sekarang penumpangnya ada empat!”. Pinter kamu, nak. Dan seterusnya tiap kali penumpang bertambah, dia langsung ngitung. Sekalian belajar matematika, kutanya aja dia pas ada penumpang yang turun, “hayo sekarang penumpangnya ada berapa?”. Dan lagi-lagi dia ngitung dengan semangat.

Saking semangatnya, pas angkotnya mulai jalan, ni anak giraaang banget. Senyumnya lebar, trus badannya digerak-gerakan kayak pembalap. Wuih, gak nyangka naek angkot aja bisa segitunya. Demi ngeliat senyum nya yang kayak gitu lagi, aku rela deh ngajak dia tiap hari naek angkot. Senyumnya itu manis dan polos banget. Semua hal emang akan tampak berbeda di mata anak-anak.

Aku sampe nge-sms ke bundanya. “Bu, Raihan belum pernah naik angkot ya?” Seneng banget waktu angkotnya jalan. (^_^).” Bundanya bilang emang jarang banget, tapi pernah juga sih.

Raihan pun tak lupa berkomentar tiap kali ada sesuatu yang “beda”. Pas ada bapak-bapak yang bawa kantung belanjaan banyak, dia langsung komentar “waa, belanjaannya banyak!”. Sambil nunjuk-nunjuk pula. Si bapak cuman bisa cuek di komentarin anak kelas 2 SD. Trus ada lagi mbak-mbak yang bawa 2 bungkus besar bertuliskan J-CO. Dan tanpa diminta, Raihan pun berkomentar lagi dengan tunjukan tangan yang khas, “wah, bawa jeyko!”. Dan si mbak itu senyum-senyum aja. He…he…he…

Ada satu lagi tanda tanya di mata Raihan. Dia selalu tampak berpikir ketika angkot suka berhenti pas ada yang bilang “kiri!”. Akupun tanggap dan ngejelasin klo mau berhentiin angkot, kita tinggal bilang “kiri” aja. Dan kutantang dia buat berhentiin angkot klo dah nyampe Gramed.

Ternyata dia seneng banget dan harap-harap cemas. Ketika plang Gramedia terlihat semakin dekat, ku minta dia untuk bilang “kiri”. Dan dengan semangat dia teriak “Kiri! Kiri! Kiri!”. Angkot berhenti persis di dekat plang Gramedia. Raihan girang banget kayaknya, karena dah bisa berhentiin angkot. Kamu hebat, nak!

Abis itu dia langsung lari menuju pintu masuk saking senengnya, sambil memandang ke arahku. Pandangan itu berarti, “bu, aku boleh lari ya. Gak sabar pengen liat-liat.” Akupun cuman angguk kepala. Kita menuju gedung yang utama trus naek sampe lantai atas. Rencananya mo ngeliatin VCD2 Edukasi ke dia. Tapi si wajah malaikat ini malah tertarik dengan komik. Dan nyari-nyari Naruto edisi terbaru. Sepanjang berada Gramed, dia gak pernah berjalan normal. Alias lari-lari terus, he…he…

Kita pun ke bawah mo nyoba VCD Edukasi yang juga ada disana. Pas aku lagi nanya-nanya ke Mas-mas nya, eh ni anak ngilang. Waduh, ke mana ya? Eh, ternyata lagi ada di bagian majalah di lantai dasar. Duh, bikin khawatir aja. Taunya tadi pas awal masuk, dia udah ke sengsem sama majalah anak-anak, juga majalah game yang ada di sana. Abis itu lari lagi mo liat VCD2 Tom and Jerry trus ke bagian film2 yang lainnya. Dia sempet milih film yang harganya lumayan buatku. Dan aku gelengin kepala (meskipun bundanya bilang klo mau sesuatu beliin aja, ntar diganti).

Tapi gelengan kepala ini sepertinya gak cukup mempan ketika berhadapan dengan majalah Animonster. Kayaknya ni anak pengen banget, trus langsung bawa aja. Sampai-sampai si mbak yang jaga ngingetin klo harus pake nota dulu, heuheu..
OK nak, kita beli.

Abis itu kita nyobain talking book. Itu lho buku yang bisa ngomong. Maksudnya buku yang udah di setting buat nyebutin kata-kata sesuai dengan gambar yang kita tunjuk. Bukunya pake 3 bahasa. Indonesia, Inggris dan mandarin. Trus berlanjut nyobain game smart bahasa Inggris. Raihan tampak serius waktu ngedengerin percakapan dalam bahasa Inggris sambil merhatiin terjemahannya. Bosan maen game (sambil mikir : majalah animonster ku mana? Kok aku cuman pegang kertas kecil aja?), kita ke lantai atas lagi naek escalator. Rupanya benda ini pun sudah diincar dari tadi sama Raihan buat di coba. Kali ini giliran gurunya yang beli buku, he…he…

Karena mo jumatan, akhirnya langsung bayar ke kasir dan akan berlanjut pulang. Tapi Raihan masih bingung karena yang masih dia pegang cuman kertas aja. Lalu ku bilang klo kertas nota-nya harus dia bawa lagi ke mbak-mbak yang dibawah tadi, baru deh dapet majalahnya. Tanpa ba-bi-bu lagi dia langsung lari. Pas dah dapet majalahnya, senyum lebar deh..

Perjalanan pulangpun ternyata masih menyisakan cerita. Kita nyebrang pake jembatan penyebrangan. Agak melelahkan tampaknya. Tapi ku jelasin klo kita nyebrang pake jembatan biar aman, tanpa takut ketabrak.

Ku bilang klo kita pulang pake angkot yang ada tulisan Kalapa-Ledeng nya. Karena tanganku pegang bungkusan, jadinya pas nyetop angot tanganku bergerak-gerak aneh. Dan Raihan langsung niru. Mungkin di pikir gerakan aneh itu adalah cara yang baku buat nyetop angkot, he..he..

Di angkot dia langsung pengen buka majalahnya, trus baca. Lucunya, dia baca sambil tumpang kaki. Kayak eksmud gitu. Sesekali merhatiin ibu-ibu yang ketiduran di angkot, trus sambil nunjuk tu ibu, dia bilang “Mr. Bob”. Tanpa ku tau maksudnya. Yang jelas dia tiba-tiba kaget dan malu sewaktu si ibu terbangun, dan tangan dia masih nunjuk ke arah ibu-ibu tadi, hi..hi..

Takut dia telat buat jumatan, akhirnya ku anter dia pake ojek sampe bener-bener nyampe rumahnya. Keliatannya hari ini Raihan ngumpulin pengalaman yang cukup berharga. Tapi sebenernya moment ini lebih berharga lagi buatku. Karena aku akhirnya aku punya kesadaran klo yang dipikirkan oleh anak-anak belum tentu sama dengan yang orang dewasa pikir. Itulah sebabnya kita mesti belajar memahami jalan pikiran anak-anak. Makasih Raihan..

2 komentar:

  1. ehm...

    kayaknya dah pantes nih buat jadi ibu sejati,wakakakaka

    duh..mo comment apa ya?
    nge-blank neeh!have a nice day za ma raihan.semoga itu menjadi moment yg tak terlupakan buat kalian berdua.

    BalasHapus

what's ur comment?