Jumat, Juni 10, 2011

Untuk Kawan-Kawan ASGAR MUDA SUPER CAMP 2011



Kalian sedang menunggu-nunggu dengan debaran cemas, sebuah hari di tanggal 30 Juni. Aku tahu itu. Di malam sebelumnya, kalian akan mendadak gelisah tak bisa tidur, menunggu pagi. Mungkin semalaman, hanya bolak balik mematut, menunggui sebuah alamat situs internet, seperti jin yang menunggui pohon beringin. Tukang koran akan jadi orang yang paling kalian rindukan dan nantikan, saat pagi tiba. Melebihi para Belibers yang kemarin-kemarin menanti-nanti sang Justin Beiber. Meski seumur hidup tak pernah sekalipun menyentuh koran, tapi percaya lah, pagi itu kalian akan menyentuh nya.



Pagi itu, cerah atau tidak nya cuaca, tak lagi ditentukan oleh sinar matahari. Cuaca mendadak bergantung pada wajah-wajah kalian. Semburat senyum berarti pertanda baik, dan kening yang mendung bisa jadi pertanda kurang baik. Namun hujan akan tetap ada. Entah rintik-rintik atau deras. Bukan dari langit, tapi dari beribu-ribu pasang mata yang nomor ujian di kartu nya berjodoh ataupun tak berjodoh dengan nomor yang tertera di koran.



Ya, pagi itu akan dirasakan sebagian orang sebagai hari penentuan nasib. Nasib lulus dan tak lulus. Nasib "selamat datang mahasiswa di kampus impian" atau nasib "jangan menyerah, coba lagi tahun depan".



Untuk kawan-kawan AMSC 2011, tolong antisipasi hal-hal yang akan terjadi setelah nya. Kuharap tak terjadi pada kalian. Tapi biasanya selalu saja ada yang mengalami. Sebelum hari penentuan itu, kalian adalah para pejuang yang bersama-sama saling membahu, memberi semangat, berbagi impian. Namun setelah kepastian ada, tiba-tiba tanpa tahu siapa yang memulai, dengan otomatis yang lulus berkubu dengan yang lulus, yang tak lulus berkubu dengan yang tak lulus. Karena akan sulit berbagi kebahagiaan dengan orang yang sedang bersedih. Pun yang bersedih, tak ingin mengganggu kebahagiaan orang lain. Kualitas persahabatan, akan teruji saat itu.



Tapi aku tahu, kalian adalah orang-orang yang berbeda. Biarpun tak ku kawal sejak mula sampai akhir, tapi aku yakin, kalian memang anak-anak muda pilihan yang istimewa. Bagaimana tidak, ketika kawan-kawan sebaya hanya sibuk memikirkan cara menjawab ratusan contoh soal, kalian telah selangkah lebih jauh.



Saat Garut bagian selatan tertimpa bencana, tak kusangka kalian akan meletakan sejenak kepentingan pribadi, untuk bergerak bersama membantu pribadi-pribadi lain di belahan Garut sana. Ya, kalian telah berusaha menjawab persoalan hidup yang lebih real dari sekedar contoh-contoh soal di modul. Hal serupa belum tentu dapat ku lakukan, ketika aku masih seusia kalian. Sungguh, aku sangat menaruh hormat pada kawan-kawan AMSC 2011.



Aku tahu, perlahan-lahan nanti, pesona kampus akan menyibukkan kalian. Entah itu organisasi kemahasiswaannya, aliran-aliran pemikirannya, pemuda-pemudinya, ilmu pengetahuannya, paper-papernya, gaya hidupnya dan entah pesona apa lagi yang akan kalian temui.



Banyak di antara kalian yang kusaksikan memiliki cita-cita yang tinggi untuk membangun Garut (ku intip dari catatan-catatan kalian semasa training). Kemudian menjadikan kuliah sebagai salah satu jalan untuk mewujudkannya. Tolong bertahanlah dengan cita-cita itu. Karena sepengalamanku, akan banyak persoalan hidup yang meciutkan tujuan kuliahmu menjadi hanya untuk mencari kerja. Tak ada yang salah dengan mencari kerja, tetapi jangan "hanya". Kalau bisa, ingin sekali ku tato kening-kening kalian dengan tulisan ASGAR MUDA. Biar tak lupa. Biar selalu terbayang cita-cita semula, di pagi hari ketika sedang mematut diri di kaca.



Ketika nanti kalian sudah menyebar ke mana-mana, ke berbagai kota besar di luar sana, mohon jangan lupakan jalan pulang. Karena di sebuah titik, ada ASGAR MUDA yang dengan setia menanti kedatangan kawan-kawan AMSC 2011, yang akan secepatnya kembali bersama-sama berkarya nyata untuk membangun Garut yang sumpah mati sangat kita cinta.

2 komentar:

  1. Suka dengan quotenya :)

    Sulit berbagi kebahagiaan dg orang yg sedang bersedih. Begitu pun sebaliknya. Di situlah kualitas persahabatan diuji

    BalasHapus

what's ur comment?