Kamis, Desember 06, 2007

PAPUA, My Dream...

Ketika masih kelas 3 SMU, aku pernah mendapat julukan Kepala Suku (masih ingat pertama kali dapet julukan itu waktu hari senin!). Gara2nya, temenku yg bernama Nasir nonton acara POTRET di SCTV (hari minggu) yg biasanya nayangin tentang suku2 di Indonesia. Kebetulan waktu itu lagi cerita tentang suku2 di Irian Jaya. Nah, katanya ada salah seorang kepala suku yang namanya Yulmi Mabela! Wiiiii……..

Sejak hari itu, resmi lah aku dapet julukan Kepala Suku dengan nama Yulmi Mabela, bukan lagi Yulmia Efni (Duh, nasib…). Terkadang kalo ngobrol juga, si Nasir dkk suka pake embel2 “hula-hula…hula-hula…”. Ya…, mirip2 gaya ngomong orang sono lah.

Awalnya sih BT juga dapet julukan kayak gitu. Masa aku masih dianggap kayak orang suku pedalaman! Kebayangnya, aku tuh kayak orang sono yang masih pake koteka, Hi… Dan terkadang kita juga sering berantem gara2 julukan itu. Klo ada kata2 yg menyangkut Irian Jaya, pasti deh ujung2 nya mengarah pada diriku yg lemah ini… Dulu waktu ada gempa di Nabire, beberapa orang suka iseng nanya “Kepala Suku, gimana tuh anak buahnya disana…?” AAAAAA…... ga’ tau!

Tapi entah tepatnya kapan, aku jadi bener2 ngerasa klo aku tuh emang orang Irian Jaya! Tersugesti. Mungkin karena keseringan disebut gitu kali, ya? Jadinya ngerasa bangga kalo ada yang bilang aku tuh orang Irian Jaya. I’m proud of it! Ngerasa klo Irian Jaya itu emang bener2 kampung halamanku. Padahal nggak pernah sekalipun aku nginjek tanah Papua. Bener deh! Sampai-sampai kalo ada orang yg nanya tentang asalku dari mana, seringkali aku ngejawab klo aku tuh orang Irian Jaya, orang Papua. Banyakan sih pada belum percaya. He…he…he…

Sejak saat itu, aku jadi terobsesi dengan segala hal yg berbau Irian Jaya. Ku cari buku2 tentang Irian Jaya. Sampai2 ketika mau nentuin jurusan buat kuliah nanti, aku milih Kehutanan di urutan pertama. Ku pikir biar ntar bisa ke Irian Jaya, kerja di kehutanan sana. Dulu juga sempat ngayal klo pasangan hidupku nanti harus orang teknik pertambangan, perminyakan, dll pokoknya yg nanti kira2 bakalan kerja di Irian Jaya deh. Naif , ya…

Trus klo lagi jalan sama temen2 dan ketemu orang Irian Jaya atau ngeliat orang yang mirip2 orang sono, dengan senang dan bangga aku pasti bilang ke temen2 klo orang itu adalah saudaraku. Waktu Indonesian Idol yg pertama, aku ngejagoin seseorang. Tau siapa? Ya, betul! Siapa lagi klo bukan si Mike yg aslinya orang Papua. Ketika Pemilihan Da’I TPI juga dengan pasti aku bakalan milih Payage yang lagi2 dari sana juga. Trus pas ada anak Papua yang dapat Nobel, wiii…. Bangganya minta ampun!

Oh,iya tentang kuliah akhirnya aku ketrima di jurusan Pendidikan Luar Biasa UPI. Biarpun ga jadi masuk kehutanan, tetep aja impian buat ke Irian Jaya masih tetep ada. Pas awal2 masuk kuliah, yang kebayang adalah ntar klo udah lulus aku bakalan ngajar di Irian Jaya, jadi guru disana.

Terkadang sih, orang2 yang tau impianku tentang Irian Jaya suka berkomentar “ngapain ke
sana?” ada juga sodaraku yg bilang, “jangan terlalu idealis lah…”
Sempat terfikir juga tentang kesulitan2 yang bakal dihadapin klo aku bener2 jadi tinggal di Irian Jaya. Kebiasaannya, orang2 nya, makanannya, budayanya, tingkat kemajuannya dan hal-hal lain yang mungkin nanti akan jadi hambatan dan bikin aku mundur.

Seiring dengan kesibukan kuliah dan hal lainnya di kampus, sedikit terlupakanlah kampung halamanku yang satu ini. Dan impian2 dulu yang sempet dibangun, agak tergeser juga dengan impian2 yang lain.

Mungkin kecintaanku sama tanah Irian Jaya, sama orang2 di Papua sana masih perlu pembuktian. Moga aja suatu saat nanti aku punya kesempatan buat nginjakin kaki dan ngelakuin sesuatu yang berarti buat orang2 di sana.

1 komentar:

  1. ouw gitu toh kisahnya..
    pertahankan za cita2 lo smg suatu saat nanti lo bakalan pergi ke afrika selatan!!
    waduh kok jadi tambah jauh za yak???
    hehehe

    BalasHapus

what's ur comment?